MAKALAH
OLEH :
SYAMSUL
ARIFIN
ABDUL
KUHOLIK
MAYSUNAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM STAI AL-KHAIRAT
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STADI MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa penulis
panjatkan ke hadlirat ilahi Robbi, karena berkat limpahan rahmat dan
hidayah-nya penyusunan makalah ini dapat di selesaikan secara lancar. Shalawat
serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw
yang telah membawa manusia dari alam kegelapan menuju alam yang terang
menderang.
Makalah ini di susun untuk memenuhi salah satu
persyaratan tugas pada sekolah tinggi
agama islam Al Khairat pamekasan.
Penyusun makalah ini tidak akan
terwujud dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami
menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada yang terhormat Ibu haridah
s.pd MM selaku dosen pengampu studi
manajemen kelas atas tugas yang telah diberikan terhadap kami.
Akhirnya, semoga makalah ini dapat
bermanfaat dan memberikan kontribusi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan,
khususnya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah.
.
Pamekasan,
08 Pebruari 2017
Penulis
KELOMPOK
I
DAFTAR ISI
Halaman Sampul ............................................................................................. i
Kata Pengantar................................................................................................. ii
Daftar Isi ......................................................................................................... iii
A.
Latar Belakang Masalah ........................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah ..................................................................................... 4
C.
Pengertian manejemen kelas..................................................................... 4
D.
Tujuan paengelolaan kelas......................................................................... 4
E.
Factor-faktor yang mempengaruhi
pengelolaan kelas ............................. 6
F.
kesimpulan ................................................................................................ 7
G.
saran-saran ............................................................................................... 7
H.
Daftar pustaka ........................................................................................... 8
Bab I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Manajemen kelas merupakan aspek pendidikan yang sering
dijadikan perhatian utama oleh para calon guru, guru baru, dan bahkan guru yang
telah berpengalaman sekalipun.
Alasannya, sederhana karena calon guru, guru baru, dan guru yang telah
berpengalaman berkeinginan agar para peserta didik dapat belajar dengan
optimal. Dalam arti guru mampu menyampaikan bahan pelajaran diserap oleh para
peserta didik dengan baik.
Penciptaan kelas yang nyaman merupakan kajian dari
manajemen kelas. Sebab manajemen kelas merupakan serangkaian perilaku guru
dalam uapayanya menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang memungkinkan
peserta didik untuk belajar dengan baik
Di kelas segala aspek pembelajaran
bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, murid dengan segala
latar belakang dan potensinya, kurikulum dengan segala komponennya, metode
dengan segala pendekatannya, media dengan segala perangkatnya, materi dengan segala
sumber belajarnya bertemu dan berinteraksi di dalam kelas. Lebih lanjut hasil
pembelajaran ditentukan pula oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh karena itu,
selayaknyalah kelas dimanajemeni secara baik, profesional, terus-menerus dan
berkelanjutan. Untuk sampai pada tujuan yang dimaksud diperlukan pemahaman akan
hal-hal umum/prinsip-prinsip manajemen kelas terlebih dahulu sebelum sampai
kepada pemahaman yang lebih khusus. Bab ini adalah bab yang mengulas tentang
konsep dasar, prinsip-prinsip manajemen kelas yang bahasannya meliputi: pengertian manajemen kelas; tujuan, dan masalah manajemen kelas, ruang lingkup manajemen kelas. Pemahaman akan konsep dasar
manajemen kelas ini penting dikuasai sebelum hal-hal khusus diketahui.
b. Rumusan masalah
Berangkat dari latar bealakang
dim aka kami perlu merumuskan beberapa masalah:
1. Apa yang dimaksud
dengan Manajemen kelas?
2. Apa saja tujuan pengelolaan kelas?
3. Apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengarui Pengelolaan Kelas?
C. Tujuan penulisan
1. Untuk
mengetahui yang dimaksud dengan Manajemen kelas.
2. Untuk
mngetahui apa saja tujuan pengelolaan kelas.
3. Untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengarui
Pengelolaan Kelas
.
Bab II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian manejemen kelas
Manajemen kelas berasal dari bahasa inggris yaitu “management”yang artinya
pengelolahan, tata laksana, tata pimpinan
Kelas adalah
sebuah ruangan yang di batasi oleh empat diding yang di gunakan dalam proses
belajar mengajar oleh sekelompok siswa yang pada waktu , tempat dan guru yang
sama dalam pembelajaran[1]. Definisi manajemen yang
dikemukakan oleh Daft (2003:4) sebagai berikut :
"manajement is the attaiment of
organizational goals in an affective and efficient manner through planning
organizing leading and controlling organizational resources". Pendapat
tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian
tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efesien lewat perencanaan
pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi[2]
Oemar malik berpendap bahwa kelas adalah suatu
kelompok orang yang melakukan kegiatan secara bersama-sama dan mendapat
pembelajaran dari gurunya[3]
Kelas dalam arti umum
menunjukkan kepada pengertian sekelompok siswa yang ada pada waktu yang sama
menerima pelajaran yang sama dan dari guru yang sama pula.[4]
Jadi manajemen kelas adalah suatu kegiatan yang
dilaksanakan guru di dalam kelas ,menciptakan ,mempertahankan ,dan menperbaiki
kondisi kelas yang optimal sehingaga menjadi efektif dan efesien yang meliputi
tujuan pembelajaran ,waktu, peralatan,fasilitas belajar dan pengelompokan siswa dalam belajar[5]
B. Tujuan pengelolaan kelas
Tujuan pengelolaan kelas yaitu agar setiap anak di kelas
dapat belajar dengan tertib sehinga
tercapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien[6].
adapun tujuan pengelolaan kelas pada hakikatnya telah
terkandung dalam tujuan pendidikan secara umum tujuan pengelolahan kelas adalah penyedian fasilitas bagi bermacam-macam
kegiatan belajar siswa dalam lingkungan
sosial, emosianal, dan intelektual dalam kelas[7].
Selain itu masih banyak tujuan
pengelolaan kelas di antaranya:
a. Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar
belakang ekonomi, sosial
budaya serta sifat-sifat individunya
b. Terciptanya suasana atau kondisi belajar mengajar yang
kondusif(lancar,di siplin, dan bergairah)
C. Faktor-Faktor Yang Mempengarui Pengelolahan Kelas
Pengelolaan
kelas bukanlah permasalahan yang berdiri sendiri, tertapi terkait dengan
berbagai faktor, pemasalahan anak didik adalah faktor utama yang terkait
lansung dalam hal ini, karena pengelolaan
kelas yang di gunakan guru tidak lain adalah
untuk meningkatkan kegairahan belajar anak didik baik secara kelompok
maupun secara individual[9].
Masalahan
pengelolaan kelas bukan pula merupakan tugas yang ringan. berbagai faktor yang
mempengarui pengelolaan kelas ada dua yaitu faktor interen eksteren. faktor
interen , siswa berhubungan dengan masa emosi ,pikiran dan perlaku. sedangkan
faktor eksteren ,siswa terkait dengan masalah suasana lingkungan belajar
penempatan siswa pengelompokan siswa ,jumlah siswa di kelas dan sebagainya.[10]
Adapun faktor lain yang mempengarui pengelolaan kelas yaitu :
a.
Kurikulum
Kurikulum haruslah di rancang dalam membatu anak-anak
mencapai tujuan pendidikan, yang di selengarakan secara
berencana dan terarah serta teroganisir, karena kegiatan kelas bukan sekedar di pusatkan pada penyampaian selanjutnya
materi pembelajaran atau pengetahuan yang bersifat intelektualistik akan tetapi
juga memperhatikan aspek pembentukan pribadi
baik sebagai makluk
individual dan makluk sosial
maupun sebagai makluk yang bermoral.[11]
b.
Gedung dan
sarana kelas atau sekolah
Perencanaan dalam membagun sebuah gedung untuk sebuah
sekolah berkenaan dengan jumlah dan luas setiap ruangan, letak dan dekorasinya
yang harus disesuaikan dengan kurikulum yang di pergunakan.[12]
c.
Guru
Guru juga harus bisa menciptakan suasana dalam kelas
agar terjadi mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik
dan sungguh-sungguh.[13]
d.
Murid
Murid sebagai unsur kelas harus perasaan kebersamaan, hal tersebut merupakan kondisi yang sangat penting untuk terciptanya kelas
yang dinamis. oleh karena itu setiap murid harus memiliki perasaan terhadap kelasnya dan ikut
serta dalam kegiatan kelas.[14]
e.
Dinamika
kelas
Dinamika kelas pada dasarnya berarti kondisi kelas
yang diliputi dorongan untuk aktif secara terarah yang dikembangkan melalui
kratifitas dan inisiatif murid sebagai suatu kelompok ,untuk untuk itu setiap
wali atau guru kelas harus berusaha menyalurkan berbagai saran
,pendapat,gagasan, potensi dan energi yang dimiliki murid menjadi kegiatan
–kegiatan yang berguna .dengan demikian kelas tidak akan berlansung secara
menbosankan [15]
Dinamika kelas ini di pengaruhi oleh berbagai komponen yang sangat di saratkan dalam pengelolaan kelas yaitu:
1)
Kegiatan
administrasi manajemen di antaranya
Ø
Perencanaan
kelas
Ø Pengorganisasian kelas
Ø
Pengarahan
kelas koordinasi kelas
Ø Komunikasi kelas
Ø Kontrol kelas
2)
Penataan
ruangan dan alat pengajaran
Ø
Pengaturan
ruangan belajar
Ø
Pengaturan tempat duduk
Ø
Ventilasi (pertukaran udara bersih) dan pengaturan cahaya Ventelasi (pertukaran udara bersih)
dan pengaturan cahaya
Ø
Pengaturan
penyimpan barang
3)
Kedesiplinan
kelas
Di sekolah disiplin banyak digunakan untuk mengontrol
tingah laku peserta didik yang
di kehendaki agar tugas-tugas di sekolah dapat berjalan dengan optimal.
Bab III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Manajemen kelas adalah seperangkat
kegiatan guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka
pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal
Tujuan manajemen kelas adalah
untukmenciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, sehingga
pembelajaran dapat berjalan kkdengan tenang, memungkinkan peserta didik untuk
mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin dan membentuk prilaku berbudaya
dan berakhlak mulya
Masalah yang
sering timbul dalam aplikasi manajemen kelas adalah idual yang disebabkan
karena kelas yang kurang kohesif, karena perbedaan suku,jenis kelamin, adanya
penyimpangan tingkah laku, yang menjadi ruang lingkup manajemen kelas adalah
kegiatan akademik dan kegiatan administrasi, serta pembentukan perilaku yang
bermoral bagi peserta didik
B. Saran-saran
Dalam penyusunan
makalah yang sangat sederhana ini tentunya banyak kekurangan dan kekeliruan,
yang menjadi sorotan adalah bagaimana makalah ini dapat disusun setidaknya
mendekati kata sempurna dan dapat mencakup substansi materi yang ingin
disampaikan sehingga tujuan pembelajaranpun dapat terpenuhi. Dalam kesempatan
ini kami selaku penyusun tentunya sangat mengharapkan segala saran, kritik dan
pengayaan yang bersifat membangun dan dapat diberikan landasan pijakan dari
teori yang akan kami tambahkan demi kesempurnaan penyusunan yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.scribd.comjamridafrizal.S.Ag.pengelolahan
kelas Hashim, Rosnani, Gagasan http://namakusyamsul44.blogspot.com
Haridah stai al khairat 04.02.2017
http://students.blok.unnes.id/Alenzty.pengertian
manajemen kelas
Pdf Suharsimi Arikunto,pengelolahan kelas dan
siswa.jakarta:rajawali,1992 hal
185